Bayi Menangis Tanpa Sebab

Hal yang tak biasa dengan baby boyku Geva. pagi itu sehabis mandi dia masih terlihat biasa saja. Ceria, tertawa. Tapi tak lama kemudian, Geva tiba-tiba menangis sejadi-jadinya tanpa sebab yang jelas. Tadinya kupikir karena lengannya sakit akibat suntikan vaksin, disaat yang berbeda kucoba menekan sedikit bekas suntikan untuk melihat reaksinya, tapi tidak ada reaksi kesakitan. Saya bingung, cek suhu tubuhnya normal, coba saya tetekin Geva ga mau malah tambah kencang nangisnya. Usaha sementara adalah menggendongnya sepanjang hari. Karena takut saya telpon kakak yang berprofesi sebagai bidan, katanya mungkin kolik, kasi aja minyak telon di perutnya trus pijat searah jarum jam. Kulakoni juga. Pijat perutnya…. Beberapa kali hari itu. Karena saat perutnya disentuh terlihat reaksinya menahan rasa sakit. Saat Geva kelelahan karena menangis dia akan tertidur. Itu waktu yg tepat untuk menyusuinya. Tapi kalau sudah terbangun akan menangis dengan kencangnya. Malam harinya sih Geva tidak rewelsama sekali. Tidur aja seperti biasa dan setiap 3 jam terbangun dan menyusu seperti biasa. 

 

Malam harinya saya berpikir bahwa besok ini tidak akan terjadi lagi. Sambil terus berdoa dan memberi pijatan pada perut Geva. Trnyata keesokan harinyaa Geva masih saja menangis dengan kencang. Kakeknya pun turut kwatir suruh misua bawa ke dokter. Informasi silang dari kakak dan internet sepertinya Geva memang sepertinya kolik. geva rewel hingga menjelnag malam. Sorenya saya coba sms dokter yang biasa memegang Geva, dokter saranin dicek mungkin ada sariawan, sebab vaksin BCG tidak menimbulkan sakit atau demam. berpikir pikir saya cek sajalah ke dokter siapa tau lebih akurat. Ternyata dokter sedang tidak praktek dan besoknya pun beliau tidak praktek di rs kami biasa ke sana. Saya dan suami membawa Geva ke rs dengan dokter yang berbeda. Wataw…. Infonya sama persis dengan yang saya baca diinternet dan yang dikasi tau kakak saya. Doketr kasi resep jika bayi benar benar ga bisa ditenangkan, namun selama bayi masih bisa ditenangkan tenangkan saja, buat senyaman mungkin. 

 

Awalanya suami kurang setuju klo harus ke dokter. katanya paling paliang juga sama dengan yang dari internet dan dari kakak. Namun saya bersikeras supaya lebih akurat dan kakeknya Geva lebih tenang karena dinyatakan oleh dokter bukan dikira-kira. 

Hasilnya memang betul sama……

 

namun di hari ketiga, Geva thanks God, Geva udahga rewel lagisudah ceria lagi… Tapi menurut dokter bisa terjadi 3 jam sehari, 3 hari seminggu dan dalam 3 minggu. Mudah mudahan Geva udah ga mengalaminya lagi. Aminnn….Image

Advertisements