4 Bulan Geva (Part 1)

Tidak terasa 9 Desember besok Geva genap berusia 5 bulan. Rasanya baru kemarin dia lahir. Sebelum genap 5 bulan saya mau membuat sedikit ringkasan petualangan 4 bulan yang amazing.

Awal kelahiran adalah hal yang paling membahagiakan. Geva lahir dengan selamat dan begitu mungilnya, suci hingga jutaan kata pun takkan sanggup menggambarkannya. Berhubung ini anak pertama saya mencoba mengumpulkan dari berbagai referensi bagaimana merawat bayi. at the beginning ada ketakutan, duh ntar gimana ya? Bisa ga ya? Barangkali ibu-ibu dengan kelahiran anak pertama mengalaminya juga. Pelan-pelan dan yakin itulah yang saya lakukan. Misalnya saja membedong, wuihh.. Berkali kali liat suster di RS membedong tak bisa juga. Ngikutin yang di youtube tak bisa rapi. Jadi ya seadanya saja.

Usia 0-1 bulan

Geva kebanyakan tidur, sangat jarang menangis. Beri “bir cinta” (baca:asi) sedikit langsung tidur. Pup cukup sering, apalagi pipis. Sehari bisa habis 15-25 popok kain. Kalau malam dengan terpaksa saya pakaikan Geva pampers kalau saya ketiduran ternyata Geva pipis, ga ganti2 popok kasihan Geva juga. Hingga saat ini pada malam hari masih saya pakaikan pampers. Pengen juga sih tidak memakaikan pampers, supaya lebih terjaga. Sebab kata orang tua, itu ibu yang malas kalau bayinya pakai pampers, tidak mau repot. Haduh, serba salah. Saya sudah komitmen tidak akan menggendong Geva terlalu banyak supaya tidak ketagihan ternyata oh ternyata. Pasca melahirkan Geva digendong banyak orang, mereka yang datang berkunjung. Dah gitu Ibu saya juga datang otomatislah digendong juga. Awalnya ketika saya kontrol ke rs Geva digendong,terus, kemudian siang sampai sore banyak kerabatdatang, gendong lagi. Keesokan harinya ke gereja, gendong lagi lama. Seingatku sejak itulah Geva minta digendong lebih sering.

Saat bayi berusia 7 hari akan ada kontrol pertama trus pengecekan hasil lab terhadap kesehatan bayi dan vaksin untuk usia 0. Kemudian kembali lagi saat bayi usia sebulan untuk vaksin. Saat itu saya sangat senang karena kenaikan berat badan Geva cukup baik. Di rumah saya selalu memandanginya seraya bertanya-tanya, apakah Geva nambah bobotnya? Karena aku melihat sepertinya tidak ada pertambahan bobot. Samapi kakak saya bilang “itu karena kamu lihat setiap hari”. Selain itu saya merasa Geva juga kalau netek dikit amat. Hampir sajasayadan suami melakukan hal buruk terhadapnya karena perasaan tadi.

usia ini usia adaptasi saya,saya memiliki bayi yang luar biasa. Saya memiliki kesibukan dan peran yang baru. Setiap menatap wajahnya selalu muncul doa dan harapan baginya.

Kemampuan Geva usia ini adalah menangis dengan suara amat sangat kencang. Rasanyatelinga mau pecah.. Arggghhh….. terkadang saya tengkurapkan dia.menghentakkan kaki juga sudah mampu. Dan keunikannya, Geva tidak mau netek kalau popoknya basah atau ada pup. Dia akan menangis dengan amat kencang dan tidak berhenti apabila tidak diganti.

Sekarang saya menyadari betapa bodohnya saya saat Geva netek namun dengan tangisan yang memekakkan telinga. Kondisi Geva lapar dan haus, harus netek. Tapi saya menyodorkan payudara yang penuh sehingga asi yang keluar nyembur. Dan itu sulit dinyot bayi cenderung membuat keselek. Saya kasihan pada Geva mestinya dari awal saya menyadarinya. Saat ini juga saya harusrajin menyendawakan Geva, meskipun begitu kembung tidak hilang. Hal lain yang saya temui adalah sering muntah. Pertamanya saya was was ada apa dengan Geva? Setelah knsultasidengan dokter itu memnag dialami bayi karena selaput diafragma belum sempurna, bayi juga kembung bahkan Geva muntah keluardarihidung. Saya sangat kasihan. Tapi menurut dokter itu normal untuk bayi. Syukurlah…

Geva baru lahir

Bobot baru lahir 3050 gram
Bobot baru lahir 3050 gram

Geva usia 1 bulan

Geva umur 1 bulan 4,7kg
Geva umur 1 bulan 4,7kg

to be continued…….

Published by

rosegevari

Menulis apa aja yang pengen ditulis

Leave a Reply

