Resep Bubur Kacang Hijau enak

Saya suka makan bubur kacang hijau, tapi saya lebih suka dengan yang saya masak. Sekalipun yang dimasak orang lain lebih enak, tapi bagi saya punya saya adalah yang pas di lidah saya (bukan yang paling enak tapi narsis). Bagaimana caranya? Ini dia.

Bahan-bahan:
Kacang hijau 250 gr
Air
Santan kental 4sdm
Gula merah 2 keping kecil
Gula pasir 3 sdm
Daun pandan 3 lembar
Jahe seruas ibu jari
Tepung beras 3 sdm tidak penuh
Kayu manis seibu jari
Garam secukupnya

1. Pertama, kacang hijau cuci bersih lalu rendam dengan air dingin 2-4 jam. Atau semalaman juga boleh agar kacang lebih cepat empuk. Bisa juga merendam dengan air panas agar tidak jadi kecambah jika terlambat meniriskan. Namun jika tak ingin merendam di air terlebih dahulu atau tidak sempat, jangan kuatir tetap akan bisa. Kacang yang sudah dicuci bersih buang bagian yang mengapung masukkan ke panci beri air jangan lupa tambahkan jahe yang dikeprek, kayu manis dan daun pandan 2 lembar agar baunya harum. Diamkan di atas kompor dengan api kecil sampai semua kacang terpecah dan empuk, mungkin sekitar 20-30 memit saja. Sambil mengerjakan yang lain pasti tidak terasa.

Sedangkan kacang yang sudah direndam terlebih dahulu tidak butuh waktu lama kacang akan segera empuk dan pecah. Indikasi kacang sudah siap diolah lebih lanjut adalah semua butiran kacang sudah pecah atau paling tidak 90 persen. Jika sudah demikian tambahkan gula, garam aduk sampai rata dan diamkan sejenak.

2. Selanjutnya larutkan tepung beras dengan air dingin campurkan dengan kacang aduk hingga rata. Tujannya agar lebih kental dan tidak menggumpal. Jika tidak suka bagian ini dilompati saja. Karena saya suka tekstur yang agak kental, sebab saya merasa terganggu membeli bubur kacang dengan kacang sedikit tapi airnya banyak. Beli bubur kacang sekalian minum. Waduh….
Setelah adukan tepung beras dimasukkan, kembali masukkan daun pandan sisa yang satu lembar agar aroma tepung beras yang langu tertutupi. Tepung beras bisa diganti terigu ataupun maizena. Karena menghindari gluten makanya saya memakai tepung beras.
Biarkan agar tepung benar-benar matang. Tak lupa aduk sesekali agar tidak berkerak. Kecukupan air sangat diperlukan agar saat bubur dingin tidak menggumpal akibat dari tambahan tepung. Indikatornya adalah sesudah ditambah tepung beras kekentalan hanya akan bertambah sedikit. Seperti kuah ikan asam manis yang ditambah maizena. Jadi komposisi air dengan kacang dan tepung beras adalah kunci. Banyaknya air yang digunakan saat merebus kacang juga perlu agar tidak kurang. Sesuaikan dengan selera. Saya biasanya bisa mencapai 1,5-2 liter air.

3. Langkah terakhir masukkan santan dan aduk terus agar santan tidak pecah hingga benar-benar mendidih. Santan yang saya pakai santan kara kemasan kecil. Jika menginginkan santan sebagai saos gampang saja, santan tidak dimasukkan ke panci bubur namun rebuslah secara terpisah tambahkan air, garam dan daun pandan sesuai selera. Aduk-aduk terus agar tidak pecah dan angkat. Saat makan bubur beri saos santan. Sebenarnya tanpa santan pun sudah enak. Jika tidak ingin menambahkan santan karena menghindari lemak, skip saja. Dijamin enak.

Untuk finishing, cicipi rasa apakah ada yang kurang di gula atau garam, lalu tambahkan sesuai selera. Sebelum menyantap buanglah atau pisahkanlah bubur dengan bahan yang tak terlarut seperti daun pandan, kayu manis dan jahe agar tida mengganggu saat mengambil ke mangkok.

Cara penyajian pun sesuai selera isa dinikmati hangat, atau dingin dengan menambahkan es, susu kental manis dan roti tawar. Kalau suami sukanya dingin, dengan tambahan susu kental manis dan roti tawar.
Selamat mencoba… (Fin/rs070615)

2015/06/img_1498.jpg

2015/06/img_1496.jpg

2015/06/img_1501.jpg

Advertisements

Published by

rosegevari

Menulis apa aja yang pengen ditulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s