Resensi BuKu Anak-anak “DUMBO”

Dumbo adalah seekor anak gajah sirkus. Ibunya Dumbo pemain sirkus handal. Namun Dumbo berbeda dari anak-anak gajah lainnya. Dumbo memiliki telinga yang panjang dan tipis. Sehingga dumbo sering menjadi bahan ejekan dan celaan orang-orang disekitarnya.

Dumbo, buku anak-anak
Dumbo, buku anak-anak

Dumbo pernah diganggu oleh sekelompok anak nakal yang membuat ibunya marah lalu ibunya pun dikurung karena dianggap gila. Sejak itu Dumbo seorang diri untunglah ada Timothy Tikus yang mau bersahabat dengannya. Timothy selalu memberi semangat kepada Dumbo agar rajin berlatih untuk pertunjukan sirkus.

Dumbo diganggu anak-anak nakal
Dumbo diganggu anak-anak nakal

Saat berlatih piramid raksasa, telinga Dumbo selalu menyulitkannya, akhirnya Timothy Tikus mengikatnya menjadi seperti pita. Saat hari pertunjukan tiba Dumbo gugup dan piramid itupun jatuh. Gajah-gajah lain marah mereka tak mau berteman dengan Dumbo. Hampir saja Dumbo dikirim ke kebun binatang oleh pemilik sirkus.

Saat berlatih sirkus
Saat berlatih sirkus

Badut-badut sirkus menjadikan Dumbo sasaran lelucon, mereka mengejek dan menghinanya, menyuruh melompat dari sebuah bangunan yang berpura-pura sedang terbakar dan jatuh tepat di ember berisi air. Badut-badut sirkus tertawa terbahak-bahak. Timothy mengajak Dumbo menjumpai ibunya, betapa terhibur hatinya, seusai menjumpai ibunya Dumbo dan Timothy terlihat amat bahagia bahkan meloncat loncat kegirangan di bawah sinar bulan. Entah mengapa saat bangun pagi mereka ada di atas pohon bersama burung gagak. Mereka heran bagaimana bisa tiba-tiba ada di atas pohon. Burung gagak menyuruh agar mengepakkan sayapnya sambil menunjuk telinga Dumbo. Berkat bantuan burung gagak dan Timothy Tikus, Dumbo mulai menggerakkan telinganya perlahan makin lama makin cepat dan tiba-tiba Dumbo sudah melayang-layang di angkasa. Mula-mula ia merasa ngeri tapi berkat bulu ajaib dari burung gagak, Dumbo kini terbang seperti burung, menukik, membumbung tanpa keraguan.

Berlatih terbang bersama gagak
Berlatih terbang bersama gagak

Setelah mengucapkan terima kasih kepada burung gagak Dumbo dan Timothy Tikus kembali ke sirkus Dumbo harus berdiri di sebuah bangunan yang berpura-pura terbakar, sekali lagi Dumbo harus didorong dari belakang tapi apa yang terjadi…. Dumbo bukannya jatuh malah terbang berputar-putar dengan telinganya. Sejak saat itu tak ada lagi yang mengejek Dumbo, bahakan Dumbo kini menjadi idola pemilik sirkus, bahkan sirkus itu kini bernama “Sirkus Dumbo Terbang”. (Fin/rs050615)

Dumbo menjadi gajah terbang
Dumbo menjadi gajah terbang
Advertisements

Published by

rosegevari

Menulis apa aja yang pengen ditulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s