Usia Berapa Bayi Mulai Bisa Menggunakan Sedotan?

Tidak sama pada semua bayi kapan mulai bisa menggunakan sedotan. Ada yang di usia 10 bulan, satu tahun tahun, dan sebagainya. Pada dasarnya bayi sudah memiliki kemampuan menyedot. Terbukti saat bayi menyusui ataupun minum dari botol susu. Namun saat orangtua menyodorkan sedotan tidak serta merta si bayi langsung sedot dengan lancar jaya. Pengalaman saya bersama Gevariel belajar menggunakan mengenal sedotan.

Saya sudah coba mengenalkan sedotan saat Gevariel berusia kurang dari setahun. Sedotan tempat minum step3 cup trainning si Pigeon. Belum berhasil. Saya beri jeda waktu coba kasi lagi belum berhasil. Yang ada 2 sedotan digigitin sampai rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Selanjutnya saya beli cup trainning baru dengan brand yang berbeda, hasilnya sama. Akhirnya saya diamkan beberapa minggu. Sejak usia setahun saya coba lagi memberi minum dengan sedotan. Saya contohkan, kadang saya tiup air minum sehingga muncul gelembung dengan niat agar dia tertarik mencoba. Saya juga menyuruhnya “Ayo tirukan mama. Seperti ini ya!”
Memang dia mencoba tapi kembali digigit-gigit dengan nikmat. Akhirnya saya tidak memberi sedotan hingga beberapa waktu. Karena saya penasaran kembali saya sodorkan sedotan setiap hari, saya beri dia minum dari air minum kemasan gelas 240 ml dengan harapan agar bisa menggunakan sedotan. Setiap minum apapun saya beri sedotan termasuk minum jus, yogurt dan air putih biasa. Saya juga semakin sering membeli sedotan khusus untuk Gevariel minum dan minuman kemasan gelas. Akhirnya dia bisa. Wah… Saya senangnya tidak tanggung-tanggung. Kira-kira usia 14-15 bulan sudah mahir memakai sedotan. Sekarang tidak usah ditanya menusuk minuman gelas dan susu uht dengan sedotan pun bisa. Kalau menemukan air kemasan gelas atau susu uht tanpa sedotan Gevariel akan langsung minta ke mamanya.

Sebenarnya saya tidak ngoyo mengenalkan sedotan padanya. Saya yakin dengan natural dia pasti bisa. Apalagi kemampuan paling primitif bayi adalah menyedot asi dari ibunya. Tapi bagi saya ini pengalaman menarik karena penasaran bagaimana awal mula bayi bisa memakai sedotan. Meskipun sudah terampil tapi soal gigit menggigit sedotan masih ada hingga sekarang. It’s okay. Lama-kelamaan bayi, batita, balita pasti akan belajar. Namanya juga bayi. (Fin/rs090615)

2015/06/img_1508.jpg

Published by

rosegevari

Menulis apa aja yang pengen ditulis

2 thoughts on “Usia Berapa Bayi Mulai Bisa Menggunakan Sedotan?”

  1. Anak kedua ak umur 11 bulan,, pertama kali y minum air putih di botol yg di sedot, alhamdulilah langsung bisa,,

Leave a Reply

