Shabu Hachi, Karang Tengah-Lebak Bulus

Siapa yang tidak tahu jenis makanan shabu shabu yang berasal dari Jepang ini. Di Jakarta restoran dengan menu ini menjamur dimana-mana. Apa sebenarnya shabu shabu itu? Bukan jenis narkotika ya, kalau itu lain lagi ceritanya.
Kutipan dari wikipedia menyebutkan,

Shabu-shabu (しゃぶしゃぶ?) atau shabu shabu adalah makanan Jepang jenis Nabemono berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus (tare) mengandung wijen yang disebut gomadare atau ponzu. Di dalam panci biasanya juga dimasukkan sayur-sayuran, tahu, atau kuzukiri.

Selain irisan sangat tipis daging sapi, daging lain yang bisa dimakan secara shabu-shabu misalnya daging ayam, daging domba, ikan fugu, gurita dan ikan kakap. Gyūshabu adalah sebutan untuk shabu-shabu daging sapi. Di Hokkaido, shabu-shabu daging domba disebut Ramushabu. Shabu-shabu daging babi disebut Tonshabu atau Butashabu. Di Nagoya dikenal shabu shabu dengan ayam Nagoya Kōchin yang disebut Niwatorishabu.

Restoran lainnya ketegori All You Can Eat dengan jenis masakan Jepang seperti namanya “Shabu”. Terletak di kawasan Jakarta Selatan Lebak Bulus Karang Tengah “Shabu Hachi”. Belum lama berdiri sekitar April 2015 lalu namun setiap melintas dari restoran ini sering ramai pengunjung. Kami penasaran dengan restoran ini akhirnya kami masuk dan bersantap di sana.

Tampak dari depan
Tampak dari depan

Saat memasuki restoran akan disambut pelayan dan diarahkan ke meja yang kosong sesuai jumlah tamu, kecuali yang sudah reservasi terlebih dahulu tidak akan ada masalah. Lalu pelayan akan menyodorkan menu, bisa dinikmati ‘all you can eat’ maupun ‘ala carte’. Ada beberapa tipe daging yang ditawarkan dan harganya pun berbeda. Kami memutuskan memilih all you can eat dengan jenis daging Australian Beef. Untuk soup shabunya ada beberapa pilihan, Japanese Broth, Original Konbu, Miso Soup, Hot Miso Soup, Sukiyaki, Tom Yum. Keterangan lebih lanjut bisa ditanya pada pelayan. Suami memilih Tom Yum (asam-manis), saya Miso Soup (cenderung gurih).

Daftar menu dan harga untuk ala carte maupun all you can eat dengan jenis daging dan soup sesuai selera. Yang paling murah adalah Australian Beef
Daftar menu dan harga untuk all you can eat dengan jenis daging dan soup sesuai selera. Yang paling murah adalah Australian Beef

Barangkali gambar kurang jelas harga sesuai jenis daging: Wagyu, adult 358K untuk child/senior/group 258K; US Premium, adult 188K, child 148K; Black Angus adult 238K, child 198K; Autralian Beef adult 138K, child 98K. Untuk harga ala carte tidak dicapture tapi bedanya sangat tipis untuk 2 tray kalau tidak salah selisih 10 ribu saja.

Selanjutnya akan diberi panci berisi soup pilihan pelanggan dan diletakkan di atas kompor induksi di atas meja, silahkan mengambil sendiri aneka sayuran, baso, ikan, udang, ayam, jamur, mie, bihun dll untuk isian Shabu. Tersedia juga bawang cacah, cabe, sambal, dan masih banyak lagi. Sesuai pilihan pelanggan jenis daging apa pelayan restoran juga akan mengantar beberapa tray jika kurang masih bisa minta lagi.
Dan acara masak-masak dan makan-makan pun di mulai.

Menu utama Shabu yang rasanya enak dan gurih akan sangat memanjakan lidah Anda, selain itu terdapat juga side dish seperti takoyaki, dorayaki, waffel dan beef teriyaki dan spagetty bolognase. Bagi saya semuanya terasa enak apalagi takoyakinya dan beef teriyaki. Spagety belum pernah coba jadi tidak tahu mendeskripsikannya.

Sayuran segar, tahu, aneka baso, bihun dan lainnya yang sangat menggiurkan
Sayuran segar, tahu, aneka baso, bihun dan lainnya yang sangat menggiurkan
Tray daging sudah kosong
Tray daging sudah kosong
Adegan masak-masak
Adegan masak-masak sudah selesai
So, do you want more baby boy?
So, do you want more baby boy?
Jangan lupa cobain beef teriyaki dan takoyaki. Enak banget
Jangan lupa cobain beef teriyaki dan takoyaki. Enak banget

Restoran juga menyediakan salad buah yang super segar serta saos salad sesuai selera. Terkadang ada juga jajanan tambahan terletak di atas cooler display isian shabu. Pernah gorengan, aneka lumpia, namun yang terambil gambar kali ini adalah singkong thailand, terus terang saya tidak mencobanya namun penampakannnya sangat cantik. Terdapat juga puding yang lembut dan enak dengan beberapa pilihan rasa serta saus fla yang legit.

Aneka puding
Aneka puding
Karena tiap hari beda kali ini casava thailand
Karena tiap hari beda kali ini casava thailand

Untuk minuman ada banyak pilihan, Ocha, Lemon Tea, Mango Peach, Blackcurrant, kopi, mesin kopi Nescafe ada Milo, Tiramisu, Cappucino, juga ada water boiler jika Anda ingin menikmati kopi buatan sendiri, tidak seperti restoran all you can eat lainnya, restoran ini menyediakan air mineral, sehingga pengunjung tidak perlu keluar uang tambahan kalau hendak minum air mineral.

Pilihan minuman
Pilihan minuman
Bahkan water boiler tersedia seandainya hendak memnuat kopi sendiri
Bahkan water boiler tersedia seandainya hendak membuat kopi sendiri
Air mineral pun tersedia
Air mineral pun tersedia

Dekorasi restoran yang sederhana, sajian hidangan yang menggoyang lidah, banyaknya variasi menu yang tersedia, pelayanan yang ramah akan menyertai Anda saat bersantap di restoran ini. (Fin/rs 260715)

Jangan lupa alamatnya di:

SHABU HACHI

JL KARANG TENGAH RAYA NO 52

BONA INDAH-LEBAK BULUS JAKSEL

TELP 0822 99119958

Suasana yang sederhana
Suasana yang sederhana
Yummy kan baby boy? But i'm sorry just a little bit ya makannya. Sebab bukan suguhan untuk anak bayi/batita
Yummy kan baby boy? But i’m sorry just a little bit ya makannya. Sebab bukan suguhan untuk anak bayi/batita
Advertisements

Published by

rosegevari

Menulis apa aja yang pengen ditulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s