Apa yang Perlu Dibeli untuk Bayi Baru Lahir?

Gambar apakah ini?

image

Betul. Ini adalah sepatu bayi? Biasa disebut pre walker. berapa banyak orang tua menyediakan sepatu semacam ini bagi putera puterinya sewaktu bayi? Ada juga yang mungkin berupa hadiah ya. Tapi secara pribadi apakah banyak orang tua membeli ini untuk buah hati mereka? Pastinya banyak. Apalagi kalau anak/cucu pertama ya. Atau anak yang sudah sangat lama dinanti. Bak raja/ratu penampilannya.

Sepatu/alas kaki pada dasarnya adalah untuk melindungi kaki. Kedua menunjang penampilan. Lalu, seorang bayi yang kesehariannya 60 persen lebih menghabiskan waktu tidur apakah perlu memakai sepatu? Perlu! Kata sebagian orang. Menurut Anda sendiri bagaimana? Mari kita kupas.

  1. Bayi sebagian besar waktunya tidur, sehingga fungsi utama sepatu sebagai pelindung kaki tak bermanfaat baginya.
  2. Bayi belum bisa berjalan. Sepatu digunakan saat kaki sedang bergerak (berjalan) bayi belum bisa dan kakinya masih terus tumbuh pesat terutama usia 6 bulan pertama sehingga itu bisa mengganggu perkembangan otot.
  3. Hanya sesaat. Karena bayi pertumbuhannya cepat, maka terkadang sepatu itu hanya dipakai sekali sudah tidak muat. Tak jarang juga belum dipake tahu-tahu sudah kekecilan.
  4. Saving money. Sebenarnya kalau ada orang tua yang mau membeli tidak masalah. Apalagi mereka dari kalangan mampu secara finansial. Tapi mungkin itu lebih ke fungsi kedua sepatu bagi bayi ya. Yaitu menunjang penampilan. Tapi apa iya bayi perlu diperlakukan seperti itu. Sebab menggunakan kaos kaki saja sebenarnya sudah cukup. Sekali lagi bayi belum bisa berjalan, sekalipun dibawa ke tempat umum kebanyakan digendong atau paling mentok di kereta bayi.
  5. Gengsi orang tua. Mirip dengan poin empat. Apalagi kalau orangtuanya kaya atau pejabat atau selebritis yang penampilannya serba wah. Bisa-bisa orang akan menilai nominal yang dipakai bayi dari ujung kaki ke ujung kepala. Kalau tidak wah bisa-bisa orangtuanya minder. Barangkali… Tapi apakah benar demikian.
  6. Lain-lain.

Saya pribadi punya anak usia 2 tahun lebih. Dari bayi tidak saya belikan sepatu. Saat dia belajar jalan baru saya belikan sepatu. Mengapa saya setega itu? Pengalaman ibu-ibu mengajarkan. Ponakan saya punya sepatu satu tas sewaktu bayi. Alhasil yang dipakai paling sering hanya ada satu lainnya berakhir dengan rusak dan terbuang. Jadi kalau ada diskon sepatu lucu-lucu untuk bayi? Berpikirlah sebentar sebelum membeli. Mungkin harganya hanya 20 ribu, atau 200 ribu atau lebih dan mampu? Tapi, yakin mau beli?(Fin/rs:011015)

Advertisements

Published by

rosegevari

Menulis apa aja yang pengen ditulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s