Sinopsis film “LAMARAN”

Salah satu film komedi yang rilis 15 juli 2015. Jujur saya baru tahu ada film ini. Maksud saya, terkadang saya tahu ada film-film indonesia yang akan dan sedang tayang di bioskop sekalipun saya tidak menontonnya. Tapi yang ini saya benar-benar tidak tahu ‘blas’ kalau film berjudul “lamaran” ini ada. Kurang gaul ya.

Film ini mengisahkankan tentang karir pengacara muda gadis Batak bernama Tiar. secara tak senganja menggagalkan percobaan pembunuhan yang tiba-tiba muncul di kantor milik tulangnya (red:paman) yang mengancam keselamatan klien mereka Basuki. Sejak itu nama Tiar terus melejit dan selalu tampil di layar kaca. Riko sang paman akhirnya mempercayakan kasus ini kepada si gadis belia. Arief Rupawan yang menjadi kambing hitam menjadi bulan-bulanan tat kala Tiar tampil membela Basuki. Lantaran ketakutan menghantuinya kalau-kalau Tiar membongkar kedoknya. Ia pun mulai menguntit dan berusaha melumpuhkan langkah Tiar. Untuk melindungi Tiar dari mafia dan pembunuh bayaran suruhan Arif, 2 agen rahasia pun diutus.

agar proses penyamaran berjalan lancar, Aan resepsionis di kantor Tiar pun dilibatkan menjadi pacar ‘boongan” untuknya. Padahal sejak awal ibunya Tiar berusaha menjodohkannya dengan Raymond pemuda batak yang kaya, ganteng dan mapan. Tiar dan Aan pun menjalani skenario sebagai pasangan kekasih hingga melibatkan keluarga besar. Keluarga Tiar shock mengetahui kalau putri kebanggan mereka memliki pacar dari kalangan non batak. Tak kalah ibunya Aan yang lebih menghendaki Aan menikah dengan sesama Sunda tapi berusaha menerima. Kondisi ini dimanfaatkan ibunya Tiar menggagalkan rencana pernikahan mereka.

Saat kasus selesai, dan Aan pun dibebastugaskan sebagai pacar boongan Tiar, ksedihan dan kehilangan menghujani Aan karena memang ia sudah lama menaruh hati pada gadis pengacara muda itu. Bahkan ia jatuh cinta pada Tiar. Kesempatan menjadi pacar boongan selama ini menjadi momen yang berharga bagi Aan karena bisa menjadi sosok penting bagi orang yang disayang terlebih lagi ia menjadi semakin dekat dengan Tiar walapaun dari awal orang tua Tiar menolak Aan sebagai menantu tapi Aan dengan kepolosan dan keluguanya telah mampu mengesankan hati ibunya Tiar. Dan aan adalah satu-satunya orang yang bisa membawa ibunya Tiar mencapai impannya menjadi sebagai stand up comedian.

Kala Aan resign dari kantor Tiar berusaha mengejar di saat akan wawancara di tempat baru. Tiar degan semangat berapi-api menghampiri Aan ke ruang interview dan seperti sedang merekomendasikan Aan tapi diujung orasinya ia sedang mengungkapkan perasaanya kepada Aan. Langkah serib Aan menghampiri Tiar dengan rona bahagia.

Namun Tiar yang juga sudah jatuh cinta kepada Aan mengihklaskan kalau mereka tidak bisa bersama karena perbedaan yang ada. ini membuat Tiar sedih dan ibunya tak tahan melihat keaadan putrinya. Akhirnya setelah merunding dengan Bu Euis ibunda Aan, mereka melamar Tiar tanpa sepengatahuan keduanya.**

Mengundang tawa, menceritakan betapa batak itu amat banyak tetek bengek adatnya. Bernyanyi dan bernyanyi adalah ciri khas pesta Batak. Dikemas dengan sederhana dan menarik memberi pesan moral yang dalam kalau cinta tak memandang adat. Ia bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Memperjuangkan impian adalah hak setiap individu, seperti Aan yang dengan berani resign mencari pekerjaan lain yang lebih baik.*** (Fin/rs:1642016)

lamaran

Sutradara Monty Tiwa

Produser Gope T. Samtani

Advertisements

Published by

rosegevari

Menulis apa aja yang pengen ditulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s