#BahagiaDiRumah Mertua?

Apakah jawaban Anda dengan judul di atas? Kalau tidak tinggal di rumah mertua sulit menjawabnya, paling hanya bisa menerka-nerka atau berdasarkan pengalaman orang lain. Berbeda dengan mereka yang memang “harus” tinggal dengan mertua. Mungkin ada yang benar-benar bahagia, atau yang tidak bahagia atau terpaksa pura-pura bahagia karena tak ada pilihan. Masing-masing punya ceritanya sendiri.

Arti dan parameter bahagia berbeda bagi setiap orang. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tentram (bebas dari segala yang menyusahkan). Bagaimana bahagia di rumah mertua? Salah faktor yang menyebabkan kurang sinkron dengan mertua adalah perbedaan generasi sehingga pola pikir yang berbeda, belum lagi karena adat istiadat yang memberi batas “SUCI” antara mertua dan menantu. Dalam pengasuhan anak tak jarang kedengaran “Dulu suamimu mama kasi ini itu bla bla…..” sementara pasangan suami istri sudah punya alur sendiri untuk buah hati mereka, tapi mungkin mertua merasa lebih “berpengalaman” dan “berhasil” jadi perlu turut berkontribusi. Berbeda sama orang tua zaman sekarang, kemana-kemana atau ngapa-ngapain sudah ada modal informasi dari internet. Tapi tetap digarisbawahi tidak semua orangtua seperti itu. Banyak juga yang tetap memberi otoritas penuh kepada menantu dan anak.

Cerita seorang sahabat yang stres tinggal dengan mertua bahkan sampai ada keinginan berpisah dari suami. Ia merasa keluarga suami terutama ibu mertua terlalu jauh mencampuri urusan keluarga bahkan cenderung berlebihan dan suami pun kesannya lebih membela ibunya. 

“Keluar aja dari rumah”. Mungkin adalah saran kebanyakan orang. Tapi tidak semudah itu. Ada keadaan yang seolah-olah “memaksa” harus tinggal dengan mertua/orangtua pasca menikah. Memang tidak mudah. Karena itu di sinilah kekompakan pasangan diuji. Misalnya tinggal bersama orangtua suami, maka kecenderungan suami lebih kemana? Prioritas harusnya tetap kepada istri dan anak. Dan yang lebih penting lagi membuat kesepakatan bersama, jika situasi begini maka baiknya respon suami adalah itu dan respon istri adalah demikian. Jadi saat membuat kesepakatan kontribusi atau pendapat pasangan tetap mendapat porsi yang semestinya sehingga tidak merasa dinomorsekiankan. Semua ini adalah komunikasi yang terjalin dengan baik kepada keluarga inti maupun kepada pihak mertua. Jangan sampai juga mertua merasa diabaikan atau diperlakukan dengan tidak pantas. Mereka orang tua, yang harus dihormati dan kelak pun kita menjadi orang tua.

Terimakasih kepada tabloid Nova yang kini merayakan Novaversary. Tak terasa telah 28 tahun memberi inspirasi, hiburan maupun informasi kepada keluarga Indonesia. dengan suguhan yang menarik, resep yang menggiurkan, cerpen yang menggugah hati, tips-tips cantik yang mudah, serta sederet rubrik menarik lainnya. Tak pernah bosan dengan konten yang selalu up o date. Melalui lomba menulis #Bahagiadirumah ini semakin meningkatkan kecintaan dan kerinduan pembaca akan rumah. Menjadikan rumah satu-satunya tempat paling membahagiakan bagi keluarga-keluarga Indonesi bersama orang-orang terkasih. Sekalipun mengembara ke ujung dunia hati tetap kembali ke rumah. Karena semua hal baik berawal dari rumah, lahirnya generasi yang tangguh juga dari rumah. Menempa pribadi hebat rumahlah tempatnya. Jangan tinggalkan rumah, jangan menduakan apalagi menghianati rumah.  

family

Jadi bagaimana? Bahagia dirumah mertua? Karena semua orang berhak bahagia, maka raihlah kebahagiaanmu dimanapun. #Bahagiadirumah Mertua? Siapa takut? *** 

 

 

novaversary

Yuk ikutan… share pengalaman dengan menulis

 

 

 

 

Advertisements

Published by

rosegevari

Menulis apa aja yang pengen ditulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s