Suami Idaman “Mr. B”

Apa kriteria calon suami/istri Anda? Apa pun itu ntr pas udah nikah ga akan seindah itu. Tapi tak mengapa, keep going on.

Salah satu yang menarik dari perjanjian lama adalah seorang pria bernisial B. Tertarik untuk mengulasnya. Ia ada di kitab Rut. Siapakah dia? dia adalah Mr. B.

Kerabat dekat Naomi yang adalah mertua Rut. Mr. B ini berasal dari kaum Elimelekh. Rut sendiri adalah perempuan Moab. Mereka baru tiba di Betlehem menempuh pejalanan panjang dari Moab. Saat mereka tiba bertepatan dengan musim menuai jelai. Ide menarik muncul dari Rut, minta izin sama Naomi memungut jelai di ladang orang yang sedang panen.

Dalam hukum Musa, Allah memerintahkan orang Israel untuk mengizinkan orang miskin dan berkekurangan memungut hasil panen yang masih tertinggal dari penuaian (Im 19:9; 23:22; Ul 24:19). Allah ingin agar mereka yang berkecukupan ikut berbagi dengan mereka yang berkekurangan (bd. 2Kor 8:13-15

Tau-tau Rut ini lagi di ladangnya Mr. B. Saat melihat Rut, ia bertanya sipakah gerangan.

Rut 2:5 Lalu kata Boas kepada bujangnya yang mengawasi penyabit-penyabit itu: “Dari manakah perempuan ini?” 

2:6 Bujang yang mengawasi penyabit-penyabit itu menjawab: “Dia adalah seorang perempuan Moab, dia pulang bersama-sama dengan Naomi dari daerah Moab. 

2:7 Tadi ia berkata: Izinkanlah kiranya aku memungut dan mengumpulkan jelai dari antara berkas-berkas jelai ini di belakang penyabit-penyabit. Begitulah ia datang dan terus sibuk dari pagi sampai sekarang dan seketikapun ia tidak berhenti. 

Mengetahui siapa Rut, ia langsung diperlakukan  istimewa oleh Mr. B dan sangat bermurah hati padanya. Sepertinya salah satu yang membuat Mr. B terkesan adalah kesetiaan Rut pada Naomi. Ia langsung memberi lebih kepada Rut, bahkan ia tak perlu memungut jelai, jika ia haus ia boleh minum dari tempayan yang tersedia.

Melihat hasil yang dibawa Rut, Naomi terkejut dan penasaran siapa yang sangat bermurah hati pada menantunya. Setelah mendengar penjelasan Rut, taulah Naomi siapa Mr. B ia adalah Boas. Bahkan ia temasuk yang wajib menebus Naomi. Tradisi di Israel jaman dulu. Proses menebus ada di pasal 4 Kitab Rut. Barang siapa membeli tanah yang hendak dijual Naomi harus juga menikahi Rut untuk meneruskan keturunan bagi Naomi.

Naomi mulai membuat rencana agar Rut mendapat perhatian dari Boas. Rut mulai bedandan, lalu melakukan persis seperti yang dikatakan Naomi. Sehabis makan dan minum Boas tiduran diujung timbunan jelai. Sedang Rut berbaring dekat kaki Boas. Saat ia terjaga kaget karena ada perempuan di kakinya. Tentulah Boas akan menaruh perhatian penuh. Ini salah satu strategi Naomi yang unik untuk menarik perhatian Boas dan ini berhasil!! Boas mendengar dan menampung semua apa yang disampaikan Ruth bahwa Boas akan menebus keluarga Naomi dan akan menikahi Rut.

Kadang saya berpikir ko Naomi genit amat ya, mpe nyuruh-nyuruh Rut segitunya. Yang perlu diketahui adalah, Naomi itu janda, tidak memiliki keturunan, ini seperti musibah baginya seolah-olah Allah mau melenyapkan dia dari muka bumi ini. Kedua, Boas itu kerabat dekat dan salah satu yang wajib menebus Naomi. Sehingga sangat wajar bila ia melakukannya.

Boas segera membereskan urusan ini. Keesokan paginya ia pergi ke kota. Karena masih ada yang lebih berhak dari dia untuk menebus Naomi, ia mengkonfirmasi, yang bersangkutan, awalnya mau tapi begitu dia tahu harus juga menikahi Rut, penolakan yang ada. Pertanda baik bagi Boas yang memiliki kesempatan lebih besar. Di hadapan para tua-tua yang menjadi saksi kalau Boas yang akan memiliki semua

 4:9 Kemudian berkatalah Boas kepada para tua-tua dan kepada semua orang di situ: “Kamulah pada hari ini menjadi saksi, bahwa segala milik Elimelekh dan segala milik Kilyon dan Mahlon, aku beli dari tangan Naomi; 

4:10 juga Rut, perempuan Moab itu, isteri Mahlon, aku peroleh menjadi isteriku untuk menegakkan nama orang yang telah mati itu di atas milik pusakanya. Demikianlah nama orang itu tidak akan lenyap dari antara saudara-saudaranya dan dari antara warga kota. Kamulah pada hari ini menjadi saksi.”

Akhirnya, Boas menikah dengan Rut. Kisah yang sangat mengagumkan. Keduanya berkenan kepada Tuhan. Boas baik hati, begitu juga dengan Rut

Siapakah Boas ini selain kerabat dekat Naomi dari kaum Elimelekh? Apakah dia sinlge, duda, jangan-jangan sudah punya istri, umurnya berapa?

1. Yang pasti sudah tidak muda lagi.

Seperti tertera di ayat 10 pasal. Bahkan salah satu sumber menyebut Boas berumur kira-kira delapan puluh tahun saat menikahi Rut. Ia juga menyebut Rut dengan sebutan anakku. Jadi hampir bisa dipastikan kalau Rut minimal seumuran dengan anak nya Boas.

3:10 Lalu katanya: “Diberkatilah kiranya engkau oleh TUHAN, ya anakku! Sekarang engkau menunjukkan kasihmu lebih nyata lagi dari pada yang pertama kali f  itu, karena engkau tidak mengejar-ngejar orang-orang muda, baik yang miskin maupun yang kaya. 

3:11 Oleh sebab itu, anakku, janganlah takut; segala yang kaukatakan itu akan kulakukan kepadamu; sebab setiap orang dalam kota kami tahu, bahwa engkau seorang perempuan baik-baik.

2. Boas itu baik hati dan penuh kasih

Jelas, terlihat bagaimana ia memperlakukan Rut saat ia memungut jelai, bahkan sangat baik. Ia juga mengucapkan salam setiap bertemu pekerja-pekerjanya. “Tuhan kiranya menyertai kamu”. Seperti ucapan salam Syalom . Yakin ia pasti memperlakukan pekerja-pekerjanya dengan sangat baik.

3. Seorang yang kaya raya

2:1 Naomi itu mempunyai seorang sanak  dari pihak suaminya, seorang yang kaya raya  dari kaum Elimelekh namanya Boas.

4. Bertangung jawab

Boas bersedia menebus keluarga Naomi dan menikahi Rut yang memang menjadi tanggung jawabnhya. Kalau ia mau bisa ia menolak dengan berbagai alassan.

5. Pekeja keras

Memang ia petani yang kaya tapi tetap turut mengerjakan pekerjaan. Ia turun tangan langsung padahal saya yakin pekerja-pekerjanya tidak kurang cukup untuk mengerjakannya.

3:2 Maka sekarang, bukankah Boas, yang pengerja-pengerjanya perempuan telah kautemani itu, adalah sanak kita? Dia pada malam ini menampi jelai di tempat pengirikan; 

3:7 Setelah Boas habis makan dan minum dan hatinya gembira, datanglah ia untuk membaringkan diri tidur pada ujung timbunan jelai itu

6. Sigap dan tidak menyalahi aturan

Bersegera menindaklanjuti permintaan Rut yang mau mereka ditebus oleh Boas. Malam saat Rut menemuinya, keesokan harinya, Boas segera ke pintu gerbang menemui orang yang lebih berhak menebus Naomi. Dia tidak takabur tapi mengkuti prosedur

7. Tegas dan gaul

Dan lagi Boas benar-benar membuatnya hitam di atas putih dengan memanggil para tua-tua menjadi saksi. Mestilah Boas ini orang terpandang karena dalam waktu singkat bisa mengumpulkan tua-tua dan mereka yang jadi saksi. Artinya kesepakatan ini sah, kuat dan ada hukum yang mengikat.

4:7 Beginilah kebiasaan dahulu di Israel dalam hal menebus dan menukar: setiap kali orang hendak menguatkan sesuatu perkara, maka yang seorang menanggalkan kasutnya sebelah dan memberikannya kepada yang lain. Demikianlah caranya orang mensahkan perkara di Israel. 

4:8 Lalu penebus itu berkata kepada Boas: “Engkau saja yang membelinya.” Dan ditanggalkannyalah kasutnya.

Pada akhirnya Boas menjadi penerus generasi yang kelak menjadi garis keturunan Daud.

So, jadi tidak salah kalau Mr. B alias Boas adalah salah satu contoh suami idaman bukan?

 

Image result for boaz
Ilustrasi Rut tidur di kaki Boas. Sumber: http://targuman.org/2015/12/29/boaz-centrally-marginalized-2/
Related image
Ilustrasi, kerabat Naomi melepas kasut sebagai tanda sah Boas yang akan menebus Naomi. Sumber: http://www.tabernaculoiglesiadedios.com/biblicas

 

Rut, kepribadiannya tidak kalah menarik. Saya yakin Boas tidak serta merta mau menikahi Rut begitu saja, pasti sudah memiliki pertimbangan, sebab menikah bukan perkara mudah. (Fin:rs/28318)

 

*tulisan ini hanya analisi penulis semata

Published by

rosegevari

Menulis apa aja yang pengen ditulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s